AD (728x90)

Selamat Datang. Ini 9 Alasan Memilih AlatLab.org

Click Me!

Para Pelanggan Kami ~ AlatLab.org

Sterilisasi Air Dengan Sinar UV Ultraviolet | UV Water Sterilizer Sterilight


Sterilisasi menggunakan lampu sinar ultra violet (UV) merupakan alternatif pengolahan air minum. Sinar UV merupakan salah satu sinar dengan daya radiasi yang dapat bersifat letal bagi mikroorganisme.

Karena mempunyai efek letal terhadap sel-sel mikroorganisme, radiasi UV sering digunakan di tempat-tempat yang menuntut kondisi aseptik seperti laboratorium, ruang operasi rumah sakit, dan ruang produksi industri makanan dan minuman, serta farmasi.


UV sterilizer (Lampu UV) dapat digunakan sebagai alat sterilisasi air minum, dan kini dapat dibuat dengan harga yang cukup terjangkau, namun dengan syarat meminimalisir komponen alat yang digunakan. Meminimalisir komponen dapat dilakukan dengan mengganti/mengurangi komponen alat yang ada di pasaran, mulai dari mengganti filter catridge dengan menggunakan saringan pasir, tidak mengunakan alat sterilisasi ganda dan tidak menggunakan komponen alat yang harganya mahal

Ultraviolet atau biasa disebut Ultraviolet Water Sterilizer adalah alat berupa tabung sinar ultraviolet yang dapat digunakan untuk mensterilkan air minum.  Alat ini berbentuk tabung dimana didalamnya terdapat lampu yang dapat membangkitkan sinar ultraviolet yang digunakan untuk mensterilkan air yang melewati lampu atau sinar tersebut.

Alat ini terdiri dari 2 bagian yaitu Adaptor dan Tabung UV. Adaptor berguna untuk menyediakan catuan daya listrik sesuai dengan tegangan dan arus yang dibutuhkan oleh lampu uv didalam tabung.

Bagian yang kedua adalah Tabung UV yang berguna untuk menempatkan lampu ultraviolet. Pada bagian inilah air minum dialirkan masuk kedalam ruangan steril yang berisi sinar ultraviolet. Akibat adanya sinar ultraviolet inilah maka kuman, bakteri dimatikan sehingga keluaran dari tabung air sudah steril.

Ultraviolet ini biasanya mampu bertahan sampai 2-3 tahun, tergantung dari banyaknya pemakaian sehari-hari. Intensitas atau kapasitas sterilisasinya ditentukan oleh kapasitas GPM (Galon per Minute). Makin tinggi intensitas GPM maka makin tinggi daya lampu UV yang dibutuhkan. sebagai contoh untuk ukuran 8GPM diperlukan lampu UV ukuran 30 watt

Sterilisasi menggunakan lampu ultra violet (UV) merupakan alternatif pengolahan air minum.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

Powered by Themes24x7