AD (728x90)

Selamat Datang. Ini 9 Alasan Memilih AlatLab.org

Click Me!

Para Pelanggan Kami ~ AlatLab.org

Bagaimana Tipe Larutan Kalibrasi yang Harus Anda Pakai? (1)


Larutan kalibrasi pH, atau disebut juga buffer pH, adalah alat yang esensial saat mengukur pH menggunakan pH meter dan elektroda.

Sebagian pengguna mencoba membuat larutan buffer sendiri untuk menghemat dana, namun tidak terjamin keakuratan dan kestabilannya, yang justru membuat pengguna kehilangan waktu yang berharga serta mengorbankan tingkat keakuratannya.

Buffer pH profesional lebih stabil dan resisten terhadap perubahan. Gunakan buffer dengan grade tinggi untuk mengkalibrasi alat ukur Anda sebelum setiap penggunaan adalah satu-satunya cara yang benar untuk mendapatkan hasil yang akurat setiap saat.

Mengapa Harus Dilakukan Kalibrasi pH Meter?
Kalibrasi berkala adalah kebiasaan yang baik untuk dimiliki dalam pengukuran pH karena kalibrasi akan menjaga pembacaan menjadi akurat dan dapat dipercaya.

Semua elektroda didasarkan atas persamaan Nersnt (slope dan offset). Namun, setiap elektrode pasti akan berubah seiring dengan usia pemakaian.

Pada kenyataannya, elektrode tidak akan berlaku berdasarkan persamaan Nernst setiap saat. Di sinilah peran kalibrasi. Kalibrasi yang tepat akan menjaga performa elektrode dengan menentukan slope dan offset sebenarnya ketika menggunakan buffer yang diketahui sebelumnya, dan akan mengupdate agar cocok dengan algoritme alat ukur Anda.

Menggunakan larutan kalibrasi pH dapat memberikan peringatan dini kepada Anda terhadap kerusakan apapun yang terjadi pada elektrode; slope dan offset menjadi indikator di sini.

Offset adalah pembacaan milivolt elektrode pada larutan buffer pH 7, dan slope adalah perubahan mV per satuan pH. Jika angka-angka yang diketahui ini tidak tertampilkan saat kalibrasi, besar kemungkinan probe elektrode tersebut rusak, kotor, atau terlalu tua sehingga harus diganti.

Hanna Instruments membuat 3 tipe laurtan kalibrasi pH: standar, teknikal, dan millesimal. Penjelasan terhadap larutan ini bisa didapatkan dari situs resmi Hanna Instruments.

Larutan Standar Kalibrasi pH

Larutan standar kalibrasi pH memiliki akurasi  +/- 0.01 pH pada temperatur 25°C (77°F) dan muncul pada 7 nilai pH yang berbeda antara 1.68 hingga 10.01.

Buffer pH dari Hanna Instruments paling populer adalah 4.01, 7.01, dan 10.01 dan memiliki warna yang berbeda sehingga dapat diidentifikasi dengan mudah saat laboran sibuk bekerja.

Seperti halnya semua buffer kalibrasi Hanna, larutan standar ini dibuat berdasarkan standar ISO dapat dilacak NIST nya, dan dikemas dengan berbagai ukuran dari sachet satu kali pakai hingga wadah 1 galon.

Larutan standar kalibrasi pH sangat baik digunakan hampir pada setiap aplikasi dengan sebagian besar alat ukur. Baik menggunakan pH tester genggam, HALO, atau benchtop, larutan buffer pH standar dapat bekerja dengan baik.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

Powered by Themes24x7