AD (728x90)

Selamat Datang. Ini 9 Alasan Memilih AlatLab.org

Click Me!

Para Pelanggan Kami ~ AlatLab.org

Bagaimana Tipe Larutan Kalibrasi yang Harus Anda Pakai? (2)

Bagian pertama lihat di: http://www.alatlab.org/2017/02/bagaimana-tipe-larutan-kalibrasi-yang.html

Larutan Teknikal Kalibrasi pH

Larutan teknikal memiliki tingkat akurasi dan spesifikasi yang sama dengan larutan standar, dan bersertifikasi. Larutan teknikal memiliki rentang pH yang lebih luas daripada larutan standar, yang dapat mengenai setiap titik pada skala pH sehingga dapat membatasi kalibrasi di sekitar pengukuran yang diinginkan.

Apa itu pembatasan? Disebut juga kalibrasi 2 titik atau multi titik, pembatasan terdiri dari kalibrasi kepada dua titik -satu titik di atas rentang pH yang diinginkan, dan satunya lagi yang di atas. Sebagai contoh, jika Anda ingin mengukur pH dari larutan lemon, yang memiliki pH sekitar 2, maka bisa menggunakan buffer teknikal 1.00 dan 4.01 untuk kalibrasi dua titik.

Larutan Millesimal Kalibrasi pH

Buffer Millesimal memiliki rentang pH yang lebar (lebih dari buffer standar, tapi kurang dari buffer teknikal), dengan disertai sertifikat. Namun, kelebihannya adalah akurasi yang lebih besar. Tidak seperti larutan standar dan teknikal, yang memiliki akurasi hingga +/- 0.01, dan larutan millesimal memiliki akurasi hingga +/- 0.0002.

Larutan kalibrasi millesimal digunakan di tempat-tempat dimana akurasi hingga tiga angka di belakang koma sangat krusial, seperti di laboratorium sains, plantasi air minum di pemukiman, dan fasilitas kesehatan. Ini dapat dilakukan oleh Advanced Laboratory Benchtop pH Meter dan High Performing Portable pH Meter dari Hanna Instruments dengan kalibrasi menggunakan larutan kalibrasi millesimal untuk resolusi senilai 0.001 pH.

Menjaga Larutan Kalibrasi pH
Banyak standar buffer pH memiliki botol penghalang cahaya yang disertifikasi FDA untuk menjaga nilai pH. Larutan millesimal dikemas dengan botol opak berwarna biru untuk menjaga dari cahaya.

Meski Anda menggunakan larutan dengan botol penghalang cahaya, ada antisipasi yang harus dilakukan untuk menjaga integritas dan memastikan keakuratan nilai pH.

Dalam rangka menjaga buffer dari terkontaminasi, jangan langsung mencelupkan elektrode ke dalam botol. Tuangkan larutan yang dibutuhkan ke dalam kontainer yang sudah dibilas dengan air terdeionisasi, lalu gunakan untuk kalibrasi. Peringatan: tidak boleh menuangkan kembali buffer ke dalam botol.

Meski direkomendasikan untuk kalibrasi setiap hari, kami paham bahwa pekerjaan ini menghabiskan waktu dan banyak orang terlalu sibuk. Jika akurasi yang tinggi tidak terlalu penting dalam pengukuran Anda, tidak apa-apa untuk mengaklibrasi satu atau dua kali per minggu.

Karena usia larutan akan memendek sesaat setelah botol dibuka, jika Anda hanya melakukan kalibrasi satu kali seminggu, maka opsi yang ditawarkan adalah Anda menggunakan sachet satu kali pakai, yang akan memastikan Anda menggunakan buffer baru setiap saat.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

Powered by Themes24x7